Assalamu'alaikum Wr.Wb. Selamat Datang di Ruang Karya MAnusia Biasa..Terima Kasih Atas Kunjungan Anda..Semoga Bermanfaat!!!
CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Minggu, Mei 24, 2009

Pertanian Dalam Kurikulum Pendidikan

Bahan ini cocok untuk Semua Sektor Pendidikan
Nama & E-mail (Penulis): Neni Muchtar
Saya Masyarakat di Bogor
Tanggal: 27 September 2001
Judul Artikel: Bagaimana siswa mencintai pertanian ?
Topik: Pertanian dalam kurikulum pendidikan

Artikel:

Saat saya membaca tulisan Bapak Tita Irianto dari Bandung yang menulis topik pendidikan lingkungan alam untuk siswa sekolah (tanggal 1/6/2001), saya jadi tertarik untuk menyampaikan unek-unek saya mengenai pengetahuan siswa dalam bidang pertanian.

Bila saya mengingat kembali pengalaman belajar semasa di taman kanak-kanak, menyenangkan sekali. Sambil bernyanyi, kami belajar berkebun. Kami membuat kebun-kebun kecil (lahan yang sudah siap ditanami), mungkin hanya dua meter persegi yang kami tanami dengan benih jagung. Kegiatan ini selalu terrekam dalam memori saya sampai sekarang dan membuat saya mencintai pertanian sampai di perguruan tinggi.

Ada baiknya jika matapelajaran pertanian diberikan untuk siswa taman kanak-kanak, sekolah dasar sampai sekolah menengah. Sifat pendidikan pertanian ini untuk merangsang keingintahuan dan kecintaan mereka terhadap pertanian. Karena sayang sekali negara Indonesia yang dikenal sebagai negara agraris, negara yang sebagian besar bekerja disektor pertanian akan tetapi generasi mudanya tidak tahu seperti apa pohon mengkudu dan dimana letak buah mentimun itu tumbuh.

Tentunya pendidikan pertanian tidak perlu sebagai matapelajaran inti, bisa dalam bentuk ekstrakurikuler dan disesuaikan dengan jenjang pendidikan mereka.

Penyusunan kurikulum Pertanian ini, Diknas dapat bekerjasama dengan pendidikan tinggi dan perguruan tinggi seperti IPB atau UGM Fakultas pertanian.

http://re-searchengines.com/neni_muchtar.html

0 komentar: