Assalamu'alaikum Wr.Wb. Selamat Datang di Ruang Karya MAnusia Biasa..Terima Kasih Atas Kunjungan Anda..Semoga Bermanfaat!!!
CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Selasa, Maret 17, 2009

ISTEM MANAGEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS WEB


A. Rasional
• Berbagai perubahan penting dalam banyak aspek kehidupan—khususnya dalam bidang ekonomi, sosial, sains dan teknologi—telah mendorong lahirnya terobosan-terobosan baru dalam cara bagaimana manusia melakukan pembelajaran (learning). Poin penting yang menjadi inti dari arus baru tersebut adalah bagaimana melakukan proses pembelajaran secara lebih mandiri, fleksibel, berpusat pada pembelajar (learner), kolaboratif, terkelola dengan efektif dan efisien, on-demand learning, real-time, serta mendukung paradigma pembelajaran sepanjang hayat (life-long education).

• Universitas Hasanuddin sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di tanah air, sejak dini harus mengantisipasi perubahan tersebut dengan berupaya mengoptimalkan sumber daya pendidikan yang ada, termasuk di dalamnya program INHERENT yang telah diluncurkan oleh pemerintah, dalam rangka membangun dan mengembangkan sistem dan proses penyelenggaraan pendidikan yang berbasis pada teknologi informasi dan komunikasi (information and communication technology) atau apa yang kemudian jamak disebut dengan e-learning.

• Konten pelajaran (course content) adalah salah satu faktor penentu dalam mencapai kesuksesan dalam sebuah program e-learning. Oleh karena itu, Universitas Hasanuddin memandang persoalan pengelolaan konten pembelajaran sebagai persoalan sangat mendasar dalam upaya pengembangan dan penyelenggaraan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

• Pengelolaan konten pembelajaran dimaksud harus dikembangkan diatas fondasi strategi dan perencanaan yang matang dengan memperhatikan teori, metode, dan pengalaman praktis yang ada berkaitan dengan teknologi pembelajaran, serta dengan menyesuaikannya dengan misi dan tujuan Universitas Hasanuddin sebagai institusi penyelenggara.

• Pengembangan Sistem Manajemen Pembelajaran (Learning Mangement System) diorientasikan untuk memfasilitasi pengembangan dan pengelolaan konten belajar secara mudah, efektif, dan efisien bagi segenap pihak berkepentingan dalam Civitas Akademika, mulai dari mahasiswa, dosen, asisten dosen, system administrator, dan sebagainya. Dengan demikian, sistem ini diharapkan dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh semua kalangan, tanpa harus dipersyaratkan dengan kemampuan teknis dalam hal penguasaan teknologi pendukung.


B. TUJUAN

Tujuan utama dari program pengembangan Sistem Manajemen Pembelajaran ini adalah sebagai berikut:

• Memfasilitasi pengelolaan dan pengembangan konten belajar di perguruan tinggi secara online dan tersentral dalam rangka efektifitas manajemen proses pembelajaran.
• Memfasilitasi adanya forum virtual yang dapat menjadi ajang pertemuan segenap civitas akademika secara synchronous maupun asynchronous untuk membangun sinergi antar berbagai pihak dan sumber daya manusia perguruan tinggi.
• Menyediakan sistem manajemen konten pembelajaran yang bersifat open source, open access, standarize, serta memiliki interoperability yang baik sehingga dapat dikembangkan terus menerus sesuai dengan perkembangan kebutuhan institusi maupun tuntutan metode pembelajaran masa mendatang.

C. Luaran (Output)
Hasil yang diharapkan dari program ini antara lain adalah :
1. Tersedianya Server Sistem Manajemen Pembelajaran di 13 Fakultas dalam lingkungan UNHAS.
2. Seluruh staf dosen mampu membuat modul Sistem Manajemen Pembelajaran untuk mata kaliah yang diasuhnya
3. Diharapkan semua staf dosen mampu melatih mahasiswanya untuk menggunakan materi PEMBELAJARAN BERBASIS WEB

D. Mekanisme
1. Pusat Informasi UNHAS akan menginstal perangkat lunak Sistem Manajemen Pembelajaran di server dan melatih admin untuk Sistem Manajemen Pembelajaran di setiap Fakultas.
2. Pusat Informasi UNHAS berkoordinasi dengan Admin dan tenaga lokal disetiap Fakultas untuk melatih dosen disetiap Jurusan/Program Studi/Bagian mengenai pembuatan modul Pembelajaran Berbasis Web.

E. Skema pembiayaan
Jumlah biaya yang diajukan disesuaikan dengan ruang lingkup kegiatan, dengan biaya maksimal Rp 15.000.000,- per Fakultas. Perkiraan komposisi biaya sebagai berikut :

No Komponen Biaya Persentase
1 Honorarium 55 %
2 Bahan habis pakai, Penggandaan Penuntun 35 %
3 Evaluasi dan Penyusunan laporan 10 %

Dengan demikian jumlah keseluruhan adalah : 13 Fakultas x Rp 15.000.000,- = Rp 195.000.000,- (seratus sembilan puluh lima juta rupiah)

F. Waktu pelaksanaan
Waktu pelaksanaan maksimum empat bulan terhitung dari penandatangan kontrak.

www.unhas.ac.id/rhiza/arsip/inherent/draft/TOR%20LSM.doc




0 komentar: