Assalamu'alaikum Wr.Wb. Selamat Datang di Ruang Karya MAnusia Biasa..Terima Kasih Atas Kunjungan Anda..Semoga Bermanfaat!!!
CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Selasa, Maret 17, 2009

MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SARANA BELAJAR DI


DISUSUN OLEH :
NAMA : PURWO HADI YANTO


1. Arti, tujuan dan manfaat serta fungsi Perpustakaan
1.1. Pengertian Perpustakaan
Perpustakaan adalah suatu unit kerja dari suatu badan atau lembaga
tertentu yang mengelola bahan pustaka , baik berupa buku maupun bukan
berupa buku yang diatur secara sistematis menurut aturan tertentu
sehingga dapat digunakan sebagai sumber informasi oleh setiap
pemakainya.
1.2. Tujuan dan manfaat Perpustakaan
Undang-undang No. 2 tahun 1989 tentang system pendidikan
nasional, pasal 35 menyebutkan bahwa “ setiap satuan pendidikan jalur
pendidikan sekolah baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun
masyarakat harus menyediakan sumber belajar “ selanjutnya di dalam
penjelasan pasal tersebut di sebutkan sebagai berikut :
“ Pendidikan tidak mungkin terselenggara dengan baik bilamana tenaga
kependidikan maupun peserta didik tidak didukung oleh sumber belajar
yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar yang
bersangkutan. Salah satu sumber belajar yang amat penting, tetapi bukan
satu-satunya, adalah Perpustakaan yang memungkinkan para tenaga
kependidikan dan peserta didik memperoleh kesempatan untuk
memperluas dan memperdalam pengetahuan yang diperlukan “
Secara terinci potensi manfaat Perpustakaan, baik yang
diselenggarakan di sekolah dasar maupun sekolah lanjutan ,adalah
sebagai berikut :
a. menimbulkan minat siswa untuk membaca
b. memperkaya pengalaman belajar siswa
c. mempercepat proses penguasaan tehnik membaca
d. membantu siswa, guru, dan anggota staf sekolah untuk mengikuti
perkembangan ilmu, pengetahuan, dan teknologi.
1.3. Fungsi Perpustakaan
a. fungsi edukatif
Perpustakaan sekolah tersedia buku yang sebagaian besar diadakan
sesuai kurikulum. Ini dapat menunjang penyelenggaraan pendidikan di
sekolah .
b. Fungsi informative
Perpustakaan yang sudah maju tidak hanya menyediakan bahan pustaka
yang berupa buku, tetapi juga menyediakan bahan yang bukan berupa
buku seperti majalah, Koran, bulletin, pamlet, dan audio visual.
c. Fungsi rekreatif.
Perpustakaan sekolah dapat berfungsi rekreatif, berarti bahwa
Perpustakaan sekolah dapat dijadikan sebagai tempat mengisi waktu luang
dengan membaca buku cerita, novel, dan roman.
2. Cara mengelola Buku Perpustakaan
Yang disebut dengan pengolahan bahan pustaka adalah kegiatan yang
meliputi inventarisasi, klasifikasi, pembuatan catalog, penyelesaian dan
penyusunan buku di rak.
2.1. Inventarisasi buku
a. memeriksa buku
b. Memberi stempel buku
c. Memberi nomor induk buku
d. Mencatat buku dalam buku induk
2.2. Katalog
Katalog merupakan pedoman atau petunjuk bahan pustaka yang
ada diperpustakaan, katalog dapat menjawab pertanyaan mengenai buku
atau bahan lain di Perpustakaan
Jenis katalog ada 3 macam :
a. Katalog Pengarang
b. Katalog Judul
c. Katalog Subyek
2.3. Klasifikasi
a. Klasifikasi Buku
b. Klasifikasi dan Indeks Majalah
c. Klasifikasi Bukan buku
2.4. Penyelesaian
a. Kantong Buku
b. Kartu Buku
c. Lembar tanggal kembali
2.5. Penyusunan Kartu Katalog dan Koleksi
a. Penyusunan katalog
b. Penyusunan Buku di rak
PENUTUP
Dari penjabaran diatas, maka penulis mengharapkan perpustakaan SMP
Negeri 205 Jakarta menjadi bagian penting dalam memajukan visi dan misi serta
tujuan sekolah.
Untuk itu maka perpustakaan perlu penambahan koleksi buku dalam
rangka memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat baik intern
maupun eksteren, dengan ini penulis mengharapkan saran dan masukan dari
pembaca, semoga di era globalisasi Perpustakaan menjadi media untuk mengenal
dunia secara luas.
BIODATA
NAMA : PURWO HADI YANTO
TEMPAT DAN TANGGAL LAHIR : JAKARTA, 15 SEPTEMBER 1987
AGAMA : ISLAM
TEMPAT TUGAS : SMP NEGERI 205 JAKARTA
NO HP : 081585864792
http://media.diknas.go.id/media/document/5370.pdf

0 komentar: